√ Panduan Evaluasi K13 Revisi Tahun 2019

- Paduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2019 merupakan panduan evaluasi ini yang meliputi konsep penilaian, evaluasi oleh pendidik, dan evaluasi oleh satuan pendidikan. Penilaian oleh pendidik meliputi evaluasi aspek sikap, evaluasi aspek pengetahuan, dan evaluasi aspek keterampilan. Lingkup evaluasi hasil mencar ilmu oleh satuan pendidikan meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan evaluasi aspek perilaku dilakukan oleh pendidik dan dilaporkan oleh satuan pendidikan.

Baca Juga: Kumpulan Buku Guru dan Siswa K13 SD/MI Edisi Revisi Tahun 2019

 merupakan panduan evaluasi ini yang meliputi konsep evaluasi √ Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2019

Penilaian Harian (PH) yakni proses pengumpulan dan pengolahan gosip hasil mencar ilmu akseptor didik yang dipakai untuk tetapkan aktivitas perbaikan atau pengayaan menurut tingkat penguasaan kompetensi danmemperbaiki proses pembelajaran (assessment as danfor learning), dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta tetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning).



Penilaian Tengah Semester (PTS) yakni evaluasi yang dilaksanakan pada ahad ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. Adapun materi Perguruan Tinggi Swasta meliputi semua KD yang sudah dipelajari hingga dengan ahad ke-7 atau ke-8.

Penilaian Akhir Semester (PAS) yakni evaluasi yang dilaksanakan pada tamat semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) yakni evaluasi yang dilaksanakan pada tamat semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.

Ujian Sekolah (US) yakni kegiatan pengukuran dan evaluasi kompetensi akseptor didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam USBN dan dilakukan oleh satuan pendidikan.


Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yakni kegiatan pengukuran capaian kompetensi akseptor didik yang dilakukan satuan pendidikan untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh ratifikasi atas prestasi belajar. Naskah USBN disiapkan oleh pemerintah bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Panduan evaluasi kurikulum 2013 ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut:
  1. Merencanakan, membuatkan instrumen, dan melakukan evaluasi hasil belajar;
  2. Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian;
  3. Menerapkan aktivitas remedial bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM, dan aktivitas pengayaan bagi akseptor didik yang telah mencapai KKM; dan
  4. Melaksanakan supervisi penilaian.
Baca Juga:

Download Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2019


Berikut yakni Panduan Penilaian K13 Edisi Revisi Tahun 2019 yang sanggup sahabat unduh melalui tautan berikut ini;


Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2019 SMP/MTs
Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2019 SMA/MA
Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2019 SMK

Panduan ini diperuntukkan terutama bagi Pendidik sebagai pedoman dalam merencanakan, melakukan penilaian, mengolah, memanfaatkan hasil penilaian, dan menyusun rapor; Kepala sekolah dan pengawas untuk merancang aktivitas supervisi pendidikan yang berkaitan dengan evaluasi oleh pendidik di sekolah; dan Pihak-pihak lain yang terkait dengan evaluasi pencapaian kompetensi akseptor didik.

Demikian gosip perihal Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2019, Semoga bermanfaat.!
.

0 Response to "√ Panduan Evaluasi K13 Revisi Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel